Palestina menangis

Embedding disabled by request

Kamis, 21 Januari 2010

kaidah2

أَدَوَاتُ الاِسْتِفْهَام
ADAWAT AL-ISTIFHAM (Kata Tanya)
Di bawah ini dicantumkan sejumlah Kata Tanya dengan contohnya masing-masing dalam kalimat beserta contoh jawabannya:
Kata Tanya Contoh Kalimat Tanya Contoh Jawaban
هَلْ / أَ هَلْ أََنْتَ مَرِيْضٌ ؟ لاَ، أَنَا فِيْ صِحَّةٍ
(=apakah) (=apakah engkau sakit?) (=tidak, saya sehat)
مَاذَا / مَا مَاذَا تَكْتُبُ ؟ أَكْتُبُ رِسَالَةً
(=apa) (=apa yang kau tulis?) (=aku menulis surat)
مَنْ ذَا / مَنْ مَنْ كَتَبَ هَذَا ؟ أَحْمَدُ كَتَبَ هَذَا
(=siapa) (=siapa yang menulis ini?) (=Ahmad yang menulis ini)
أَيَّةُ / أَيُّ أَيُّ قَلَمٍ تُحِبُّ ؟ أُحِبُّ قَلَمَ اْلأَسْوَدِ
(=yang mana) (=pena yang mana kau suka?) (=aku suka pena yang hitam)
مَتَى مَتَى تَذْهَبُ ؟ أَذْهَبُ غَدًا
(=kapan) (=kapan engkau pergi?) (=aku pergi besok)
أَيْنَ أَيْنَ تَذْهَبُ ؟ أَذْهَبُ إِلَى الْقَرْيَةِ
(=dimana) (=dimana engkau pergi?) (=aku pergi ke kampung)
كَيْفَ كَيْفَ تَذْهَبُ ؟ أَذْهَبُ بِالْحَافِلَةِ
(=bagaimana) (=bagaimana engkau pergi?) (=aku pergi dengan bus)
كَمْ كَمْ يَوْمًا تَذْهَبُ ؟ أَذْهَبُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ
(=berapa) (=berapa hari engkau pergi?) (=aku pergi selama tiga hari)
لِمَاذَا / لِمَا لِمَاذَا تَأَخَّرْتَ ؟ الطَّرِيْقُ مُزْدَحِمَةٌ
(=mengapa) (=mengapa kau terlambat?) (=jalanan macet)
لِمَ لِمَ سَأَلْتَ ذَلِكَ ؟ حَقِيْقَةً لاَ أَفْهَمُ
(=kenapa) (=kenapa kau bertanya itu?) (=sungguh aku tidak paham)
لِمَنْ لِمَنْ هَذَا الْقَلَمُ ؟ هَذَا قَلَمُ أَحْمَدِ
(=punya siapa) (=kepunyaan siapa pena ini?) (=ini pena Ahmad)
Buatlah sendiri kalimat-kalimat tanya dari setiap kata-kata tanya di atas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar